PENJABARAN ANALISIS DARI USAHA MENANTEA

Kelompok : Shinigami

 

Menantea, yakni food and beverages dengan konsep modern fusion tea kekinian yang dibangun oleh Jerome Polin dan Jehian Panangian menawarkan opsi franchise.

Menantea, brand teh buah modern di Indonesia yang diprakarsai oleh Hendy Setiono (Founder of BabaRafi Enterprise), Sylvia (Founder of Kopi Soe), Bisma Adi Putra (Founder & CEO of Masakin Group), Jehian Panangian Sijabat (Direktur Utama Mantappu Corp), dan Jerome Polin (Pendiri Mantappu Corp). Menantea sendiri resmi buka toko pada 10 April 2021 dan sudah memiliki media sosial resmi lewat akun Instagram @menantea.toko. Bisnis yang baru resmi buka ini sudah menuai banyak sekali pengikut di sosial medianya. Dalam promosinya, Menantea menggunakan media sosial Instagram untuk melakukan pemasaran dengan memberikan konten beragam dan interaktif.

Menantea terus melahirkan inovasi menu dengan memadupadankan lebih banyak kreasi teh dan buah.  Menantea ini menjual berbagai macam jenis teh beserta camilan-camilan yang cocok ketika berada dalam satu momen dengan teh. Bisnis Jerome Polin ini juga memiliki konsep yang unik. Menantea ini menjual teh-teh dengan perpaduan buah di Indonesia yang mengedepankan hasil-hasil dari tanah air. Menantea memiliki maskot yang unik berbentuk seperti kapas hidup berwarna coklat dan di bagian kepalanya terdapat daun. Maskot ini disebut Bestea.

Faktor yang paling penting dari Menantea ini adalah Jerome Polin itu sendiri. Jerome Polin menggunakan apa yang dia punya seperti fame untuk mendukung bisnisnya. 

Jerome Polin merupakan YouTuber yang cukup terkenal di Indonesia. Dalam kontennya Jerome Polin selalu berbagi cerita tentang kehidupannya di Jepang. Disela-sela kesibukannya, Jerome Polin juga adalah seorang penulis buku. Jerome Polin berhasil menerbitkan buku yag berjudul Nihongo Mantappu pada 2019 lalu.

Jerome memulai kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu pada bulan Desember 2017. Pada awalnya, ia membagikan konten video yang membahas pelajaran bahasa Jepang. Sebelum Jerome memulai kanal Nihongo Mantappu, ia telah memiliki kanal YouTube sendiri dengan video pertama yang direkam di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada tahun 2016.

Rumusan Masalah

1. Citra seperti apa yang dimiliki brand Menantea?

 

2. Cara apa yang Menantea digunakan untuk membuat brandnya laku dipasaran?

 

3. Kreativitas seperti apa yang dijadikan panutan atau tujuan dari brand Menantea?

Menantea melahirkan inovasi menu dengan memadupadankan lebih banyak kreasi teh dan buah. Menantea menghadirkan varian menu terbaru bertajuk Comfortea Series yang ingin memberikan pelanggan setianya rasa nyaman saat menikmati teh buah Menantea di segala suasana.  

Berkembangan zaman di era yang semakin pesat ini tak jarang sering ditemukan berbagai bentuk personal branding melalui media online yaitu media sosial. Di era ini banyak individu yang memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan termasuk salah satunya ialah kegiatan pembentukan citra atau yang disebut dengan personal branding. 

Media sosial terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu khususnya ialah Instagram dimana kini media sosial Instagram mampu membuat orang saling terkoneksi satu sama lain dengan segala fitur yang ditawarkan kepada para pengguna sehingga membuat seseorang lebih mudah dalam membangun personal branding secara efektif dan efisien.


Selain itu dengan adanya media sosial pula dapat memanfaatkan segala bentuk kegiatan positif selain untuk media membranding diri tapi juga sebagai media untuk saling terkoneksi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak tanpa terhalang ruang dan waktu. Hadirnya Instagram memberikan ruang untuk mempromosikan serta membangun sebuah brand dan juga membangun personal branding bagi pemiliknya. Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dalam membranding produknya. 


Jerome Polin sembari menunggu berjalannya pembuatan toko, Jerome telah membuat akun Instagram untuk bisnis minumanya tersebut. Dalam sehari, akun bisnisnya tersebut telah

mencapai 10 ribu followers. Kian hari kian bertambah pula followers Instagramnya dan dalam lima hari telah mencapai 200 ribu followers. Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk membranding adalah tindakan yang tepat dilakukan oleh Jerome Polin. Pasalnya dengan begitu Jerome juga turut melibatkan followers secara kolaboratif dalam membangun bisnisnya. 


Selain itu juga keunikanyang ditampilkan dari brand Menantea ini mempunyai keunikan tersendiri dimana akun Menantea sering membagikan cerita mengenai proses perkembangan dan keseharian toko yang membuat khalayak tidak ketinggalan informasi dari perkembangan Menantea ini. Melalui media sosial dapat menciptakan kedekatan antara penjual dan konsumen dan membuat Jerome Polin mampu meningkatkan usaha serta membangun personal branding yang baik di benak khalayak. Peneliti melihat penggunaan Instagram yang

dilakukan olehJerome Polin mampu membangun personal branding yang membuat dirinya dan bisnisnya lebih dikenali banyak orang dan membuat penilaian bagi yang melihatnya.

Comments

Popular posts from this blog