PENJABARAN ANALISIS DARI USAHA MENANTEA
Kelompok : Shinigami
Menantea, yakni food
and beverages dengan konsep modern fusion tea kekinian yang dibangun oleh
Jerome Polin dan Jehian Panangian menawarkan opsi franchise.
Menantea, brand teh buah modern di
Indonesia yang diprakarsai oleh Hendy Setiono (Founder of BabaRafi Enterprise),
Sylvia (Founder of Kopi Soe), Bisma Adi Putra (Founder & CEO of Masakin
Group), Jehian Panangian Sijabat (Direktur Utama Mantappu Corp), dan Jerome
Polin (Pendiri Mantappu Corp). Menantea
sendiri resmi buka toko pada 10 April 2021 dan sudah memiliki media sosial
resmi lewat akun Instagram @menantea.toko. Bisnis yang baru resmi buka ini sudah menuai banyak sekali pengikut di
sosial medianya. Dalam promosinya, Menantea menggunakan
media sosial Instagram untuk melakukan pemasaran dengan memberikan konten
beragam dan interaktif.
Menantea terus melahirkan inovasi menu
dengan memadupadankan lebih banyak kreasi teh dan buah. Menantea ini menjual berbagai macam jenis
teh beserta camilan-camilan yang cocok ketika berada dalam satu momen dengan
teh. Bisnis Jerome Polin ini juga memiliki konsep yang unik. Menantea ini
menjual teh-teh dengan perpaduan buah di Indonesia yang mengedepankan
hasil-hasil dari tanah air. Menantea memiliki maskot yang unik
berbentuk seperti kapas hidup berwarna coklat dan di bagian kepalanya terdapat
daun. Maskot ini disebut Bestea.
Faktor yang paling
penting dari Menantea ini adalah Jerome Polin itu sendiri. Jerome Polin
menggunakan apa yang dia punya seperti fame untuk mendukung
bisnisnya.
Jerome Polin merupakan YouTuber yang cukup terkenal di
Indonesia. Dalam kontennya Jerome Polin selalu berbagi cerita tentang
kehidupannya di Jepang. Disela-sela kesibukannya, Jerome Polin juga adalah
seorang penulis buku. Jerome Polin berhasil menerbitkan buku yag berjudul
Nihongo Mantappu pada 2019 lalu.
Jerome memulai kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu
pada bulan Desember 2017. Pada awalnya, ia membagikan konten video yang
membahas pelajaran bahasa Jepang. Sebelum Jerome memulai kanal Nihongo
Mantappu, ia telah memiliki kanal YouTube sendiri dengan video pertama yang
direkam di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada tahun
2016.
Rumusan Masalah
1. Citra seperti apa yang dimiliki brand Menantea?
2. Cara apa yang Menantea digunakan untuk membuat
brandnya laku dipasaran?
3. Kreativitas seperti apa yang dijadikan panutan atau
tujuan dari brand Menantea?
Menantea
melahirkan inovasi menu dengan memadupadankan lebih banyak kreasi teh dan buah.
Menantea menghadirkan varian menu terbaru bertajuk Comfortea Series yang ingin
memberikan pelanggan setianya rasa nyaman saat menikmati teh buah Menantea di
segala suasana.
Berkembangan zaman di era yang semakin pesat ini tak jarang sering ditemukan berbagai bentuk personal branding melalui media online yaitu media sosial. Di era ini banyak individu yang memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan termasuk salah satunya ialah kegiatan pembentukan citra atau yang disebut dengan personal branding.
Media sosial terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu khususnya ialah Instagram dimana kini media sosial Instagram mampu membuat orang saling terkoneksi satu sama lain dengan segala fitur yang ditawarkan kepada para pengguna sehingga membuat seseorang lebih mudah dalam membangun personal branding secara efektif dan efisien.
Selain itu dengan adanya media sosial pula dapat memanfaatkan segala bentuk kegiatan positif selain untuk media membranding diri tapi juga sebagai media untuk saling terkoneksi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak tanpa terhalang ruang dan waktu. Hadirnya Instagram memberikan ruang untuk mempromosikan serta membangun sebuah brand dan juga membangun personal branding bagi pemiliknya. Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dalam membranding produknya.
Jerome Polin sembari menunggu berjalannya pembuatan toko, Jerome telah membuat akun Instagram untuk bisnis minumanya tersebut. Dalam sehari, akun bisnisnya tersebut telah
mencapai 10 ribu followers. Kian hari kian bertambah pula followers Instagramnya dan dalam lima hari telah mencapai 200 ribu followers. Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk membranding adalah tindakan yang tepat dilakukan oleh Jerome Polin. Pasalnya dengan begitu Jerome juga turut melibatkan followers secara kolaboratif dalam membangun bisnisnya.
Selain itu juga keunikanyang ditampilkan dari brand Menantea ini mempunyai keunikan tersendiri dimana akun Menantea sering membagikan cerita mengenai proses perkembangan dan keseharian toko yang membuat khalayak tidak ketinggalan informasi dari perkembangan Menantea ini. Melalui media sosial dapat menciptakan kedekatan antara penjual dan konsumen dan membuat Jerome Polin mampu meningkatkan usaha serta membangun personal branding yang baik di benak khalayak. Peneliti melihat penggunaan Instagram yang
dilakukan olehJerome Polin mampu membangun personal branding yang membuat dirinya dan bisnisnya lebih dikenali banyak orang dan membuat penilaian bagi yang melihatnya.
Comments
Post a Comment