Semiotika 

Semiotika adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Suatu tanda menandakan sesuatu selain dirinya sendiri dan makna adalah hubungan antara sesuatu objek atau ide dari sesuatu tanda. semiotika dapat digunakan untuk mengungkapkan tujuan komunikasi pikiran, perasaan, atau ekspresi apa saja yang disampaikan oleh seniman terhadap pemirsa melalui komposisi tanda.

Pada tugas hari ini, saya akan menuliskan tentang kejadian semiotika yang terjadi pada kehidupan sehari-hari saya. Jenis-jenis semiotika ada 2, disini saya akan menjelaskan tentang jenis Semiotika signifikasi.

 

Semiotika signifikasi

semiotika yang mempelajari relasi elemen-elemen tanda di dalam sebuah sistem, berdasarkan aturan main dan konvensi tertentu (Fiske, 1990:85). Proses signifikasi, suatu proses yang memadukan entitas (berupa representamen) dengan entitas lain yang disebut objek. Semiotika signifikasi sebagai suatu hubungan antara tanda , objek, dan makna.

Semiotik Deskriptif

semiotik yang memperhatikan sistem tanda yang dapat kita alami sekarang, meskipun ada tanda yang sejak dahulu tetap seperti yang disaksikan sekarang. 

Contoh:  Pada pagi hari sebelum berangkat sekolah, aku melihat awan yang pagi yang begitu mendung. Segera aku mengambil payung lipat yang biasa aku simpan di atas lemari pakaian. Karena takut ketika aku berjalan ke sekolah hujan akan turun dan membuat badanku basah kuyup ketika sampai kesana.

Contoh yang saya ambil adalah pengalaman ketika ingin berangkat sekolah. Langit yang mendung pertanda hujan akan turun. Tapi, dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa jadi petanda yang saya berikan salah. Karena bisa jadi para ilmuwan bisa membuat awan tersebut menghilang dengan teknologi yang mereka ciptakan sehingga tidak jadi hujan pada hari itu.

Comments

Popular posts from this blog